Kamis, 22 Mei 2014

Mengenal Lebih Dekat Prody di FPIK - UNDIP

Foto : Gedung Dekanat FPIK UNDIP
Hai hai adik-adik calon mahasiswa 2014/2015
Bagaimana dengan hasil UNnya? Memuaskan tidak? Semoga memuaskan yahh..
Kamu tertarik menjadi seorang mahasiswa perikanan maupun kelautan di salah satu perguruan tinggi favorit di Indonesia?
Kami dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanaan (KMP - Keluarga Mahasiswa Perikanan) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro - Semarang, ingin membagikan informasi seputar apa saja program studi yang ada di FPIK dan apa saja sih keunggulannyaa..

Sudah tidak sabarkan untuk pengen tahu?
Yasudah, yuk intip infonya :


PROFIL PROGRAM STUDI FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN
(KEADAAN JANUARI 2013)

  1. PROGRAM STUDI BUDIDAYA PERAIRAN
Tujuan Pendidikan
bdp 
Menciptakan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dapat menghasilkan lulusan intelektual yang manusiawi, professional, kompetitif, komparatif, komprehensif sistemik, terintegrasi mandiri, beretika, kompeten serta mempunyai kemampuan dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu dan teknologi Budidaya Perairan.
Keunggulan :
International networking Colaborative research, Student Exchange
Fasilitas
Green Campus, Ruang kuliah, Ruang Seminar/diskusi indoor & out door, Laboratorium Budidaya Perairan, Laboratorium Pengembangan Wilayah Pantai Prof.Gatot RaharDjo Joenoes Jepara, Laboratorium Komputer, Laboratorium out door, Perpustakaan, Musholla
Lapangan Pekerjaan
Instansi Departemen Kelautan dan Perikanan, Industri Budidaya Perikanan, Wirausaha di bidang Industri Budidaya Perikanan, Bank Pemerintah dan Swasta
Daya Tampung Mahasiswa Baru
155 orang

  1. PROGRAM STUDI ILMU KELAUTAN
Tujuan Pendidikan
t awur
Menghasilkan tenaga sarjana yang memiliki keahlian di bidang Ilmu Kelautan yang berorientasi pada konservasi llingkungan dan sumberdaya laut serta bioteknologi kelautan sesuai tujuan pembangunan nasional dan kebutuhan pasar kerja global.
Materi yang dipelajari
Fenomena Alam laut
Sumbedaya Pesisir dan Laut
Bioteknologi kelautan
Keuanggulan
Kurikulum berbasis komptensi, setara internasional
Fasilitas
Ruang kuliah, R. Seminar, Laboratorium, Kapal Latih, Rubber boat, Dermaga, Unit Selam, Hatchery, Tambak, Internet, Asrama Mahasiswa
Lapangan Pekerjaan.
Pemerintahan, TNI AL, Konsultan Lingkungan Hidup, Konsultan Pengembangan Wilayah Pesisir dan lLaut, Industri Bahan Pakan, Pariwisata, Koperasi dan Lembaga Swadaya Keuangan dll.
Daya Tampung Mahasiswa Baru

155  Orang

  1. PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBER DAYA PERAIRAN

Tujuan Pendidikan

mspMenghasilkan lulusan yang berkualitas, relevan , sesuai dengan kebutuhan dan standar mutu yang berdasarkan kompetensi keilmuan

Berperan aktif sebagai p enyedia tenaga kerja yang professional skala regional, nasional, trampil dan m emiliki sifat kemandirian yang kuat

Materi yang dipelajari

Dasar pengetahuan mengenai prinsip-prinsip manajemen (eksplorasi, eksploitasi, konservasi, rehabilitas, dibersifikasi dan analisis bioekonomi) sumberdaya perairan serta pemberdayaan masyarakat pesisir .

Keunggulan

Menghasilkan sarjana yang mampu menerapkan dan mengembangkan prinsip manajemen sumberdaya perairan serta dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional.

Fasilitas

Ruang kuliah, ruang diskusi, ruang praktikum, laboratorium, perpustakaan, aula, ruang komputer, internet.

Lapangan Pekerjaan

Instansi baik pemerintah maupun swasta serta berwiraswata, Pemerintah Daerah, Institusi Pendidikan, Perbankan, Lembaga-lembaga Pendidikan Konsultan

Daya tampung

155  orang


  1. PROGRAM STUDI  PEMANFAATAN  SUMBER DAYA PERIKANAN
Tujuan Pendidikan
thp
Mencetak lulusan yang handal dan professional dalam bidang penangkapan ikan khususnya yang bersifat ramah lilngkungan serta menciptakan system manajemen pemasaran dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat
Materi  yang Dipelajari
Sistem Informasi Perikanan Tangkap., Mesin Kapal Perikanan, Teknologi Penangkapan Ikan, Metode Penangkapan Ikan, Eksplorasi Perikanan Tangkap, Manajemen Industri Perikanan Tangkap, Manajemen Agrobisnis Perikanan Tangkap, Ekonomi Perikanan, Penyuluhan dan Komunikasi Perikanan.
Fasilitas
Ruang Kuliah, Laboratorium Pengembangan Wilayah Pantai (LPWP) Jepara, Laaboratorium, Perpustakaan, Kapal Latih Acahovie.
Lapangan Pekerjaan
Departemen / Dinas Perikanan dan Kelautan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan, Swasta, Konsultan.
Daya Tampung

155  orang

  1. ROGRAM STUDI OSEANOGRAFI

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan pada jenjang S-1 bidang Oseanografi sesuai dengan kebutuhan dan standar mutu yang berdasarkan kompetensi keilmuan dan tujuan pendidikan nasional, bertaqwa, bermoral, berbudaya tinggi dan berbudi luhur.
Terselenggaranya penelitian ilmu pengetahuan dasar, ilmu pengetahuan terapan, teknologi produksi, dan pemecahan masalah-masalah pembangunan dalam kegiatan pengelolaan, Perencanaan dan lindungan erhadap lingkungan wilayah pesisir dan laut secara berkualitas dan berkelanjutan, khususnya terhadap permasalahan Mitigasi Bencana; Perencanaan dan Pengembangan Wilayah Pesisir serta Kajian Energi Alternatif Bahari dan Samudera.
Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan kepemimpinan, pengambil keputusan, komunikator dan manajer.
Materi yang dipelajari
Dasar-dasar Pengetahuan Alam (Natural Sciences) yang meliputi Fisika Oseanografi, Kimia Oseanografi, Geologi Laut, Meteorologi, Klimatologi dan Biologi Oseanografi.
Keuanggulan
Mulai tahun 2007 diberlakukan kurikulum berbasis kompetensi, sehingga dapat tercapai visi menjadi Program Studi Penyelenggara Pendidikan tinggi yang unggul.
Fasilitas
Ruang kuliah, ruang diskusi, ruang laboratorium (lab. Fisika Oseanografi,Lab Kimia Oseanografi, Lab Modelling dan Pencitraan, Lab. GIS, Lab Komputasi dan Mapping, Lab. Hidrodinamika, Lab. Biologi Oseanografi, Lab. Sedimentasi, Lab. Geologi Laut, Lab. Komputasi dan Pengolahan Data), Perpustakaan, Ruang Manajemen, Ruang Dosen, Media Komunikasi, Ruang Seminar, Marine Station di Teluk Awur, Jepara.
Lapangan Pekerjaan.
Dep. Kelautan dan PErikanan, Pemerintah Daerah Propinsi dan Kota/Kabupaten, Riset dan Teknologi - BPPT - P3O LIPI. Lingkungan Hidup- BAPEDAL, Pendidikan Nasional, Pariwisata, Perhubungan, Meteorologi (BMG); Hankam (TNI AL)- Dishidros, Pertambangan dan Energi Lemigas Kehutanan dan Transmigrasi, Perindustrian dan Perdagangan, Konsultan, LSM dll.
Daya Tampung

155  orang

  1. PROGRAM STUDI TEKNOOLOGI HASIL PERIKANAN
Tujuan pendidikan
thp1
Meneyelenggarakan proses pendidikan, Penelitian dan Pengeabdian kea rah Ketahanan PAngan dan Pengembangan diversifikai produk berbasis rumput laut, ikan bandeng dan pemanfaatan limbah hasil perikanan yang meliputi proses penanganan, pengolahan, distribusi dan kemanan produk hasil perikanan m elalui penerapan IPTEK yang ramah lingkungan
Materi yang dipelajari
Teknologi dan manajemen pengolahan hasil perikanan
Fasilitas
Ruang Kuliah, ruang diskusi, ruang praktikum, laboratorium, perpustakaan, internet aula.
Lapangan Pekerjaan
Lembaga Pemerintah (DKP, LIPI, Pusat Penelitan dan Pengembangan Teknologi Hasil perikanam, Depdikbud, Badan Riset Kelautan dan Perikanan, sector swasta (industtri perikanan dan kelautan, Cold sorage, Tambak ikan, Perbankan, Pengalengan, Pengusaha Perikanan dll.
Daya tampung
155 orang
 
Bagaimana nih infonya?
Semoga informasi tadi bermanfaat ya buat adik-adik yang ingin melanjutkan pendidikan di jejang Perguruan Tinggi Negeri..
Salam Perikanan!

KMP - Sedekat Sahabat Sehangat Keluarga #S3K
Sumber : fpik.undip.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar